Memiliki beragam soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja merupakan bekal penting bagi semua mahasiswa. Selama menempuh pendidikan di kampus, mahasiswa akan mempelajari keterampilan teknis (hard skill) sesuai dengan bidang yang dipilih. Memiliki keterampilan teknis saja tidak cukup untuk bersaing dengan jutaan lulusan lainnya yang mungkin memiliki keterampilan yang serupa.
Tidak hanya hard skill, mahasiswa juga harus mampu mengembangkan soft skill (keterampilan non teknis) agar lebih siap memasuki dunia kerja. Siapkan diri Anda dengan 7 soft skill berikut!
1. Komunikasi
Komunikasi adalah kunci penting dalam kehidupan sehari-hari atau dunia kerja. Komunikasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja biasanya meliputi mendengar aktif, negosiasi, public speaking, storytelling, komunikasi nonverbal, komunikasi verbal, dan presentasi.
2. Leadership
Leadership adalah keahlian untuk memimpin, selain memimpin leadership juga meliputi meliputi cara komunikasi yang baik dalam berbagai level dan konteks situasi. Keahlian Ini sangat dibutuhkan terutama jika Anda bekerja pada bidang yang melibatkan banyak orang.
3. Adaptif
Seberapa cepat seseorang dapat beradaptasi dengan lingkungan merupakan sebuah ukuran bagi organisasi/perusahaan untuk merekrut pegawai. Mampu beradaptasi juga sangat dibutuhkan bagi organisasi/perusahaan karena dalam dunia kerja sering menghadapi sebuah perubahan.
4. Etika kerja
Dalam dunia kerja juga sangat dibutuhkan etika baik dalam urusan pekerjaan maupun hubungan dengan lingkungan kerja.
5. Berpikir kritis
Teknologi memberi kemudahan dalam mengerjakan banyak hal. Akan tetapi itu tidak bisa menggantikan manusia dalam pengambilan keputusan. Itulah mengapa kemampuan untuk berpikir kritis merupakan soft skill yang masih dibutuhkan dalam dunia kerja.
6. Problem solving
Soft skill yang satu ini juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena setiap dunia kerja akan menghadapi berbagai jenis masalah, Organisasi/perusahaan membutuhkan orang-orang yang mampu berpikir kritis dan mampu memecahkan sebuah masalah dengan baik dan tepat.
7. Time management
Merupakan soft skill yang penting untuk dimiliki oleh semua orang. Ketika pekerjaan sedang menumpuk, kita akan lebih mudah untuk tetap fokus jika memiliki kemampuan time management.
Sebenarnya masih banyak lagi soft skill yang harus dikembangkan agar kita terbiasa dengan dunia kerja. Tetapi, dari beberapa contoh diatas dapat kita lihat seberapa penting soft skill bagi dunia kerja.
Penulis: Fajar Aqil Nursekha